30 January, 2009

Ijazah Cetak Lebih Cepat

Ini kabar baik bagi siswa yang sekarang sedang mengenyam pendidikan di bangku SMP,SMA, dan SMK yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional tahun 2009.
Blangko ijazah mulai 2009 ini tak lagi dicetak oleh Dedpdiknas. Untuk kelulusan siswa SD hingga SMA/SMK, pengadaan blangko ijazah dilakukan oleh Diknas Jatim. Perubahan teknis pengadaan ijazah itu bakal mempersingkat waktu tunggu penyerahan ijazah kepada lulusan. Para lulusan pun bisa secepatnya menggunakan tanda lulus itu untuk mencari pekerjaan atau melanjutkan studi.

Dengan perubahan itu, seminggu setelah pengumuman kelulusan, lulusan sudah terima ijazah. Sehingga mereka bisa segera menggunakannya untuk kuliah atau melamar pekerjaan, tenggang waktu penerimaan ijazah yang singkat sangat membantu. Misalnya, untuk pendaftaran akademi militer atau kepolisian. Juga untuk pendaftaran sekolah profesi misalnya STAN atau akademi pemerintahan. Mereka tak lagi harus direpotkan dengan mencari surat keterangan lulus ke sekolah dan diknas. Biasanya pendaftaran sekolah-sekolah itu mepet dengan kelulusan.

Blangko ijazah kosong dikirimkan ke sekolah seiring dengan pengumuman kelulusan. Dalam waktu seminggu, sekolah punya waktu menulis nama dalam ijazah. Sehingga ijazah pun bisa cepat dibagi. Pembagiannya pun lebih mudah karena lulusan masih ada di sekolah. "Kalau lebih dari seminggu, biasanya lulusan sudah menyebar. Itu bakal merepotkan sekolah juga lulusan, tahun sebelumnya, ijazah dicetak oleh Depdiknas. Sehingga daerah harus menunggu lama. Karena harus transit dulu di Diknas Jatim untuk dihitung dan dinomori.


No comments:

Post a Comment